Rabu, 28 Maret 2018

ARTI MAKALAH DAN TUTORIALNYA

Makalah merupakan makanan sehari-hari bagi para pelajar maupun mahasiswa. Bagi kamu yang baru mulai masuk SMA atau perkuliahan pasti masih bingung bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar. Padahal tugas-tugas makalah sudah menumpuk dari berbagai mata pelajaran.

Banyak juga pelajar dan mahasiswa yang sudah sering membuat contoh makalah namun belum mengerti bagaimana makalah yang baik dan benar. Padalah semua dituntut untuk membuat makalah yang sempurna sesuai aturan.

Sobat sharing tidak perlu bingung lagi. Karena dalam artikel ini akan dibahas secara tuntas mengenai cara membuat makalah yang baik dan benar. Tidak hanya itu, di artikel ini juga tersaji contoh-contoh makalah yang kamu butuhkan.



Sebelum berlanjut membahas mengenai cara membuat makalah, ada baiknya kamu pahami apa itu pengertian makalah. Jangan sampai kamu belum tahu apa perbedaan antara artikel, makalah, paper, dan jurnal. Sebab masing-masing karya tulis tersebut memiliki struktur dan ciri yang berbeda.

Isi Artikel [hide]
1 Pengertian Makalah
1.1 Ciri-ciri Makalah
1.2 Jenis-jenis Makalah
2 Cara Membuat Makalah Disertai Contoh Makalah
2.1 Contoh Cover Makalah (sampul depan)
2.1.1 Contoh Cover Makalah #1
2.1.2 Contoh Cover Makalah #2
2.1.3 Contoh Cover Makalah #3
2.2 Contoh Kata Pengantar Makalah
2.2.1 Contoh Kata Pengantar Makalah #1
2.2.2 Contoh Kata Pengantar Makalah #2 
2.3 Contoh Daftar isi Makalah
2.3.1 Contoh Makalah #1 Daftar Isi
2.3.2 Contoh Makalah #2 Daftar Isi
2.4 Contoh Pendahuluan Makalah (BAB 1)
2.4.1 Contoh Makalah #2 Pendahuluan
2.5 Contoh Pembahasan Makalah
2.6 Contoh Penutup Makalah
2.6.1 Contoh Makalah #2 Penutup
2.7 Contoh Daftar Pustaka Makalah
2.7.1 Contoh makalah #1 daftar pustaka
2.7.2 Contoh Makalah #2 Daftar Pustaka
2.8 Contoh Lampiran Makalah
3 Contoh Makalah Bahasa Indonesia Secara Utuh PDF
4 Kesalahan yang Sering Terjadi Dalam Menulis Makalah
Pengertian Makalah

Pengertian Makalah adalah
loop.co.id
Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) makalah adalah tulisan resmi mengenai suatu pokok bahasan yang disusun untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan. Dan biasanya sering diterbitkan.

Kemudian menurut Bapak Tanjung dan Ardial (ahli bahasa) makalah adalah suatu karya ilmiah yang memuat pemikiran suatu topik masalah tertentu dan ditulis dengan cara sistematis, disertai dengan analisis yang rasional dan objektif.

Sedangkan menurut Surakhmad, makalah semua jenis tugas kuliah yang wajib diselesaikan secara tertulis, baik sebagai hasil karangan atau sebagai pembahasan buku tentang suatu pokok permasalahan.

Ciri-ciri Makalah

Makalah memiliki ciri-ciri tertentu, sehingga makalah tidak sama dengan karya ilmiah yang lain seperti jurnal, artikel atau paper. Berikut ini adalah ciri-ciri makalah dari segi isi pembahasan di dalamnya. Ciri makalah dari segi penulisan ataupun strukturnya ada di poin berikutnya.



Makalah berisi kajian literatur atau laporan suatu kegiatan di lapangan yang sesuai dengan pokok bahasan suatu mata pelajaran atau mata kuliah tertentu.
Isinya mendemonstrasikan pemahaman si pemakalah tentang suatu permasalahan teoritik yang kemudian dikaji dengan menerapkan prosedur, teori, dan prinsip yang berhubungan dengan mata kuliah atau mata pelajaran.
Menggambarkan kemampuan si pemakalah dalam meramu berbagai teori dan informasi menjadi satu kesatuan yang utuh. Oleh karenanya makalah harus benar-benar disusun dengan sempurna oleh si pemakalah dengan memperhatikan EYD, tata bahasa, etika menulis, etika mengutip serta cara menyimpulkan gagasan.
Memiliki sistematika yang paten. (dalam sub bab selanjutnya akan dibahas mengenai sistematika penulisan makalah yang baik dan benar). Tidak seperti karya sastra atau karya seni yang memiliki sistematika bebas. Lihat contoh makalah!
Jenis-jenis Makalah

Berdasarkan sumber pokok pembahasannya, jenis-jenis makalah dibagi menjadi 3 yaitu makalah induktif, deduktif dan campuran.

Makalah Induktif yakni makalah yang dalam penyusunannya berdasarkan hasil data empiris yang didapatkan dari penelitian di lapangan, tentunya yang masih relevan dengan pokok bahasan. Disebut makalah induktif karena dikembangkan dengan pola induksi, yakni diawali dengan hal-hal yang bersifat khusus kemudian disimpulkan menjadi hal yang umum. Artinya kalimat utama berada di akhir paragraf.
Makalah Deduktif yakni makalah yang dalam penyusunannya berdasarkan kajian teoritis yang diambil dari literatur yang sudah ada. Disebut makalah deduktif karena dikembangkan dengan pola deduksi, yaitu dijelaskan dari hal yang bersifat umum kemudian menuju khusus. Artinya paragraf utama berada di awal paragraf, kemudian diikuti oleh kalimat-kalimat pendukung.
Makalah Campuran yakni gabungan antara makalah induktif dan deduktif, yang mana dasar penyusunannya adalah suatu kajian teoritis dan data empiris. Paragraf-paragraf dalam makalah ini diawali dengan hal yang umum yang diikuti dengan kalimat-kalimat penjelas bersifat khusus, kemudian ditutup lagi dengan kesimpulan yang bersifat umum. Lihat contoh makalah!
Cara Membuat Makalah Disertai Contoh Makalah

Hal yang sering dipertanyakan sebelum membuat contoh makalah adalah format pengaturan kertas. Meski cuma sepele kamu harus memperhatikan hal ini agar makalahmu tidak dicoret-coret oleh dosen atau guru. hehe 😉 Ikuti poin-poin berikut ini untuk membuat contoh makalah yang baik dan benar:

Sampul makalah menggunakan Kertas Buffalo (boleh berwarna)
Isi makalah menggunakan Kertas A4
Model huruf: Times New Roman
Ukuran huruf: 12
Jarak spasi : 1,5
Margin
– Atas      : 4 cm
– Bawah  : 3 cm
– Kanan  : 3 cm
– Kiri       : 4 cm
Setelah menyiapkan kertas dan memahami format penulisannya, berikutnya akan saya jelaskan mengenai isi makalah. Makalah yang baik dan benar setidak-tidaknya mengandung 8 poin penting berikut ini:

Cover Makalah
Kata Pengantar Makalah
Daftar Isi Makalah
Pendahuluan Makalah
Pembahasan Makalah
Penutup Makalah
Daftar Pustaka Makalah
Lampiran Makalah (jika ada yang perlu dilampirkan)
Sebenarnya masih ada lagi poin variasi yang biasanya ditambahkan oleh pemakalah, seperti lembar persembahan, motto penulis dan lain-lain. Namun pada dasarnya yang wajib adalah 8 poin diatas.

Baiklah, agar kamu lebih mengerti, akan saya jabarkan satu persatu poin-poin di atas menggunakan contoh-contoh makalah berikut ini.

Contoh Cover Makalah (sampul depan)

Cover adalah lembar pertama yang menjadi sampul depan makalah. Cover makalah adalah bagian yang pertama dilihat orang, sehingga harus dibuat sesempurna mungkin. Sebab cover makalah mewakili isi makalah.



Banyak orang yang sudah merasa tahu isi dari sebuah makalah hanya dengan melihat sampulnya. Jangan sampai calon pembaca ilfil dulu melihat sampulmu sebelum membacanya 😉

Langsung saja, cover makalah berisi hal-hal berikut ini.

Judul makalah: Terletak dibagian atas, ditulis dengan huruf kapital tebal, biasanya berukuran font 14.
Logo sekolah/kampus/universitas: berada di bagian tengah cover, berukuran sedang dan berwarna sesuai logo sekolah atau kampus.
Data lengkap penulis: Berisi nama, nomer induk dan kelas/jurusan pemakalah. Jika kelompok maka ditulis semua anggota kelompoknya. Tidak harus huruf kapital.
Fakultas Kampus atau Sekolah: Jika mahasiswa tulis nama fakultas dan kampusnya. Jika masih Pelajar SMP atau SMA ya tulis nama sekolahnya.
Kota dan tahun pembuatan makalah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar